Jambi

Kota Jambi Ditopang 12.000 UMKM

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Jambi, mencatat sejak tahun 2006 hingga 2008, jumlah UMKM yang beroperasi di Kota Jambi mencapai 9 ribu bentuk usaha. Dan diperkirakan 3 ribu lebih UMKM lagi, yang belum terdata.

Rencananya pada tahun 2009 ini, Dinas Koperasi dan UMKM akan mendata seluruh usaha tersebut. Karena, sesuai dengan program pemerintah pusat, UMKM tersebut mendapat peranan penting dalam menopang perekonomian suatu daerah, sehingga akan memfasilitasi dalam pemberian modal dengan ketentuan yang berlaku.

Kadis Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Drs Syaiful Huda, mengatakan, banyaknya UMKM yang bediri di Kota Jambi tersebut, tentu pihaknya akan memfasilitasi, dalam hal permodalan karena telah sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat."Tentu akan kita fasilitasi, tetapi sesuai prosedur yang berlaku," sebut Syaiful, baru – baru ini.

Dikatakan, hal yang sama juga berlaku bagi Koperasi yang tersebar di seluruh wilayah Kota Jambi, dimana rata-rata koperasi yang ada saat ini, telah memiliki badan hukum yang jelas, namun beberapa diantaranya masih ada yang belum."Koperasi, yang belum mempunyai akta badan hukum koperasi juga akan kita fasilitasi, sehingga koperasi tersebut bisa dikatakan legal," tambahnya.

Dari data yang ada, saat ini jumlah koperasi di Kota Jambi berkembang dengan pesat, tercatat jumlah koperasi mencapai lebih dari 488 koperasi, terbagi dalam 139 Koperasi Pegawai Negeri (KPN), 75 Koperasi karyawan (Kopkar) dan 274 koperasi umum dan beberapa koperasi lagi di setiap RSU, yakni Koperasi Serba Usaha (KSU).

"Koperasi yang terbesar adalah bentuk koperasi umum, karena penyebarannya sangat luas, yang tujuan utamanya sendiri adalah mensejahterakan anggotanya," pungkas Syaiful. ***


Tidak ada komentar: